Konsumsi Tomat Dapat Mencegah Kanker Prostat

star

Tomat Kaya akan Lycopene


Konsumsi tomat telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat. Selain itu, ada bukti bahwa potensi melawan kanker ini meningkat jika tomat dikonsumsi dalam bentuk olahan yang lebih mudah diserap tubuh seperti saus tomat, pasta tomat atau jus tomat.

Warna merah pada buah tomat berasal dari fitokimia yang disebut lycopene. Tomat telah menarik perhatian khusus para peneliti kanker prostat karena lycopene dan senyawa terkait cenderung berkonsentrasi pada jaringan prostat.

Lycopene yang didapat dari bentuk olahan buah tomat mengandung sejumlah kecil lemak. Satu studi menunjukkan bahwa ketika jus tomat dipanaskan dan dicampur dengan minyak, kadar likopen darah meningkat dibandingkan dengan mengkonsumsi buah tomat secara langsung. Namun, ini bukan suatu lampu hijau bagi anda untuk makan kentang goreng dengan saus tomat dalam hal pencegahan kanker: karena Likopen tidak dapat memperbaiki penyumbatan pada dinding arteri. Sebagai gantinya, konsumsilah kentang yang dioven dan ditambah saus tomat.

Meskipun bukti menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lycopene, termasuk tomat dapat mencegah kanker, kami team Ahligizi.com menekankan akan pentingnya mengkonsumsi berbagai makanan nabati untuk memastikan perlindungan terhadap perkembangan kanker. Karena tidak ada makanan khusus yang dapat menurunkan risiko kanker.

Tomat dapat mencegah kanker prostat

Bagaimana Lycopene dapat melindungi tubuh terhadap Kanker 

Lycopene, bagian dari keluarga karotenoid, merupakan pigmen yang membantu memberikan buah-buahan dan sayuran menjadi berwarna merah. Lycopen merupakan salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengganggu sel dan menimbulkan penyakit. Fungsi Antioksidan, seperti lycopene dapat menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh dengan cara mengikatnya dan mengeluarkannya dari dalam tubuh dalam bentuk air sehingga mereka tidak dapat masuk ke jaringan sel-sel dan mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa likopen membantu mencegah kanker prostat dan paru-paru. Ada juga beberapa bukti tentang risiko kanker pankreas, usus besar dan rektum, esofagus, rongga mulut, payudara, dan leher rahim dapat dikurangi dengan peningkatan konsumsi lycopene. Selain sebagai antioksidan, Lycopen dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular dengan mengurangi kadar LDL ("kolesterol jahat") dan menurunkan tekanan darah.


Produk
Ukuran Penyajian
Lycopene
(mg/penyajian)
Jus Tomato
250 mL (1 cup)
25.0
Tomato ketchup
15 mL (1 tbsp)
2.7
Saus Spaghetti
125 mL (1/2 cup)
28.1
Pasta Tomato
30 mL (2 tbsp)
13.8
Sup Tomato
250 mL prepared
9.7
Saus Tomato
60 mL (1/4 cup)
8.9
Saus Sambal
30 mL (2 tbsp)
6.7
Saus Cocktail
30 mL (2 tbsp)
5.9
Semangka
368 g
(1 potong: 25 x 2 cm)
14.7
Anggur Merah Muda
123 g (1/2)
4.9
Tomat Mentah
123 g (1 medium)
3.7


Semoga bermanfaat, Viva Nutricia !!!


Referensi :
Arab L, Steck S. Lycopene and cardiovascular disease. Am J Clin Nutr. 2000;71:1691S-1695S

Giovannuccci E. Tomatoes, tomato-based products, lycopene, and cancer: review of the epidemiologic literature. J Natl Cancer Inst. 1999;91:317-331.
Konsumsi Tomat Dapat Mencegah Kanker Prostat
star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)