Penilaian Status Gizi Bayi dan Anak

star
Status gizi adalah cerminan ukuran terpenuhinya kebutuhan gizi yang didapatkan dari asupan dan penggunaan zat gizi oleh tubuh. Status gizi dapat ditentukan dengan pemeriksaan klinis, pengukuran antropometri, analisis biokimia, dan riwayat gizi.

Standar Pertumbuhan Anak


Penilaian status gizi secara antropometri mengacu pada Standar Pertumbuhan Anak, WHO 2005. Indikator pertumbuhan digunakan untuk menilai pertumbuhan anak dengan memppertimbangkan faktor umur dan hasil pengukuran tinggi badan dan berat badan, lingkar kepala dan lingkar lengan atas. Indeks yang umum digunakan untuk menentukan status gizi anak adalah sebagai berikut :

1. Berat Badan menurut Umur (BB/U)


BB/U merefleksikan BB relatif dibandingkan dengan umur anak. Indeks ini digunakan untuk menilai kemungkinan seorang anak dengan berat kurang, sangat kurang, atau lebih, tetapi tidak dapat digunakan untuk mengklasifikasikan status gizi anak. Indeks ini sangat mudah penggunaannya, namun tidak dapat digunakan bila tidak diketahui umur anak dengan pasti.

2. Panjang Badan atau Tinggi Badan menurut Umur (PB/U atau TB/U)


PB/U atau TB/U menggambarkan pertumbuhan tinggi atau panjang badan menurut umurnya. Indeks ini dapat mengidentifikasikan anak pendek yang harus dicari penyebabnya. Untuk bayi baru lahir sampai dengan umur 2 tahun digunakan PB dan pengukuran dilakukan dalam keadaan berbaring, sedangkan TB digunakan untuk anak umur 2 tahun sampai dengan 18 tahun dan di ukur dalam keadaan berdiri. Bila TB anak diatas 2 tahun diukur berbaring nilai TB harus dikurangi dengan 0,7 cm.

3. Berat Badan menurut Panjang Badan atau Tinggi Badan (BB/PB atau BB/TB)


BB/PB atau BB/TB merefleksikan BB dibandingkan dengan pertumbuhan linier (PB atau TB) dan digunakan untuk mengklasifikasikan status gizi.

4. Indeks Massa Tubuh menurut Umur (IMT/U)


IMT/U adalah indikator untuk menilai massa tubuh yang bermanfaat untuk menentukan status gizi dan dapat digunakan untuk skrining berat badan lebih dan kegemukan. Grafik IMT/U dan grafik BB/PB atau BB/TB cenderung menunjukkan hasil yang sama.


Referensi ;

AsDIIDAI, PERSAGI,. 2014. Penuntun Diet Anak Edisi ke 3. Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Jakarta.

Keputusan Menteri Kesehatan RI, tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak, Kemenkes RI,  Dirjen Bina Gizi dan KIA, DIrektorat Bina Gizi, 2011




Penilaian Status Gizi Bayi dan Anak


star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)