Sumber-Sumber Vitamin D yang Mudah Didapatkan

star

Manfaat Vitamin D dari Sinar Matahari

Banyak orang khawatir tentang kekurangan vitamin D (Vitamin D Deficiency), padahal Institusi Kesehatan di Indonesia mengatakan banyak diagnosa yang berlebihan akhir akhir ini tentang vitamin D. Tidak seperti nutrisi lain, vitamin D adalah hormon yang dapat dibuat oleh tubuh saat Anda terkena sinar matahari, yang memainkan peran penting dalam menjaga kekuatan tulang. Jika Anda makan makanan yang bervariasi dan terkena paparan sinar matahari (sekitar 20 menit sehari, tanpa filter oleh tabir surya) maka Anda mungkin mendapatkan semua kebutuhan vitamin D. Bahkan jika Anda tidak terkena sinar matahari, Anda tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin D. Cobalah makan lebih banyak makanan kaya vitamin D-ini sebagai gantinya.


Ikan salmon

salmon memiliki kandungan Vitamin D yang tinggi (salmon liar memiliki kandungan yang lebih dari salmon ternak). Setengah fillet salmon sockeye memiliki lebih dari 1.400 IU vitamin D - lebih dari dua kali lipat kebanyakan orang butuhkan dalam sehari.

Ikan Tuna

Ikan Tuna
Satu porsi ikan tuna memiliki sepertiga dari dosis harian kebutuhan vitamin D. Minyak ikan tuna merupakan sumber Vitamin D. (Light tuna dalam air memiliki kandungan vitamin D seperempat dari dosis harian, sementara tuna putih memiliki sekitar sepersepuluh. Light tuna juga memiliki kandungan merkuri lebih sedikit dari tuna putih, sehingga dapat menjadi pilihan yang lebih aman). Lain lagi ikan yang ada dalam keleng seperti sarden, juga memiliki banyak vitamin D  sekitar seperempat dari kebutuhan harian (bersama dengan kandungan kalsium pada tulang ikan).

Susu

Susu Fortifikasi memiliki kandungan vitamin D sekitar seperlima dari kebutuhan sehari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sereal

Seperti susu fortifikasi, sereal fortifikasi menyediakan makanan yang lebih seimbang daripada suplemen vitamin D. Jumlah vitamin D dalam sereal bervariasi tergantung jenis dan merek, Anda dapat membaca dahulu label makanan (nutrition fact) sebelum memilih untuk membelinya.

Telur

Dua telur memiliki kandungan vitamin D sekitar sepersepuluh dari dosis harian yang dibutuhkan. Tapi Anda perlu memilih konsumsi telur karena kandungan kolesterol dalam telur cukup tinggi. Cukup 1 butir telur sehari dan tambahkan variasi makanan anda untuk mendapatkan asupan vitamin D dari makanan lainnya.

Jamur

Jamur memiliki kandungan besar vitamin D, tapi jumlahnya bervariasi menurut jenisnya. Jamur shiitake  memiliki 45 iu - sekitar 1/13 dari kebutuhan harian yang Anda. Jamur putih, di sisi lain, hanya memiliki 5 IU.

Hati Sapi

Sekitar 3-ons hati sapi mengandung lebih dari 42 IU Vitamin D - sekitar 1/14 dari dosis harian yang dibutuhkan untuk seseorang yang tidak mendapatkan banyak paparan sinar matahari. Daging sapi juga merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin B-12.

Keju Ricotta

Keju ricotta merupakan keju yang memiliki kandungan nutrisi untuk konten vitamin D yang relatif tinggi. Sekitar 25 IU vitamin D terdapat didalam keju ini, Keju ricotta memiliki sekitar lima kali lebih banyak vitamin D dibandingkan dengan keju lainnya.

Semoga bermanfaat, Viva Nutricia !!!
*NB: IU = International Unit


Sumber-Sumber Vitamin D yang Mudah Didapatkan
star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)