Cara Hidup Sehat dengan Sayuran

star

Sayuran Pencegah Penuaan

Sayur merupakan jenis makanan penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan. Zat gizi alami yang terkandung di dalam sayuran sangat banyak. Oleh karena itu, sayur – sayuran termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan.

Namun, ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Konsumsi sayuran setiap hari membuat tubuh lebih terjaga, sel kulit lebih halus, wajah terlihat lebih kencang dan membuat lebih awet muda. Berikut ini adalah beberapa sayuran yang dapat menghambat penuaan.
Sayuran Anti Penuaan

Wortel

Banyak rumor beredar bahwa wortel adalah sumber vitamin A yang berkhasiat baik untuk mata. Namun tidak sebatas itu saja, sayuran berwarna jingga ini juga dapat memperhalus kulit. Disamping itu, wortel juga mengandung karoten yang membuat kulit kita bersemu merah. Dengan konsumsi wortel yang seimbang dan sesuai takaran setiap hari (50 – 75 gr/hari), maka anda akan mendapatkan manfaat yang baik untuk kulit khususnya tidak tampak pucat.
Beberapa ahli nutrisi memiliki pendapat tentang wortel. Zat gizi yang terdapat didalam jenis sayur ini terkumpul di bawah jaringan dan dapat member perlindungan terhadap radiasi matahari. Jika mengonsumsi secara teratur, wortel sangat berkhasiat dalam memenuhi kebutuhan kulit seperti penuaan.

Mentimun

Sayuran ini sering ditemukan di warung makanan lesehan di berbagai tempat di Indonesia, contohnya sebagai lalapan pendamping pecel lele. Banyak orang kurang mengerti akan nutrisi yang ada pada sayuran ini. Padahal, mentimun mengandung kalium yang dapat mengatur keseimbangan cairan berdasarkan kebutuhan sel dalam tubuh anda sehingga mentimun dapat menjaga kelembapan dalam jaringan kulit. Menurut WHO tahun 2013, asupan kalium yang dianjurkan setiap hari adalah 4000 mg/hari, jadi dengan mengonsumsi satu potong sedang mentimun dapat memenuhi 10-20% kebutuhan kalium tubuh anda setiap hari.

Kentang

Kentang kaya akan kandungan vitamin B khususnya vitamin B6. Menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia menjelaskan bahwa pada 1 buah kentang ukuran sedang terdapat 0,3 mg vitamin B6 yang dapat mencukupi kebutuhan anda sebanyak 20-30% dalam sehari. Manfaat vitamin B6 dalam kentang adalah sebagai zat yang diperlukan dalam pembaharuan sel dalam tubuh. Dengan ini, kentang dapat digunakan sebagai sayuran yang dapat menghambat penuaan seperti menghilangkan lingkar hitam pada mata dan menyegarkan kulit wajah.

Kubis

Konsumsi kubis setiap hari dapat mencegah penuaan karena kandungan antioksidan didalamnya dapat menjaga kelembapan kulit. Sayuran ini juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat dan memproduksi sel – sel baru karena kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, kalium dan lainnya.

Bayam

Sayuran ini kaya akan zat besi dan antioksidan, diantaranya adalah lutein yang berkhasiat untuk kesehatan mata. Selain itu, Bayam mengandung pro Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K. Jelas bahwa jika konsumsi zat besi yang cukup akan menghindari anda untuk anemia karena kekurangan darah. Hal ini sangat berkaitan dengan penampilan anda jika anda kekurangan darah maka akan terlihat lemas dan peredaran darah tidak optimal. Saat peredaran darah tidak optimal maka akan menyebabkan sulitnya penyerapan bahan makanan seperti vitamin dan mineral. Zat ini sangat berarti bagi kulit anda sehingga jika proses penyerapannya terhambat maka akan menyebabkan penuaan.

Sayuran diatas merupakan contoh kecil dari sayuran lain yang dapat membuat hidup anda menjadi lebih baik. Dengan konsumsi makanan beragam minimal 5 - 8 porsi dalam sehari dapat membuat kulit anda lebih sehat dan lebih awet muda - Ridwan Annas, Amd. Gizi

Referensi :

Sakhi A. Sanis A. 2015. Hidup 100 Tahun dengan Food Combining. Trans Idea Publishing. Jogjakarta




Cara Hidup Sehat dengan Sayuran


star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)