15 Makanan Sehat Untuk Sarapan

star

Pilihan Makanan untuk Sarapan Sehat 


Suatu pagi saat anda baru bangun, tapi anda bingung apa yang harus anda makan untuk sarapan dan tidak ada makanan. Apakah anda harus memasak dahulu? Membeli makan ? Atau melewatkan jam sarapan anda ?

Melewatkan sarapan dapat membuat Anda kelaparan dan makan banyak porsi saat makan siang. Sarapan pagi yang sehat dapat memberikan Anda energi, memuaskan selera Anda, dan mengatur pemikiran anda untuk mengambil keputusan cerdas sepanjang hari.

Sarapan Sehat
Jika terpikir anda akan menyiapkan sarapan pagi anda sebelum beraktivitas, sebaiknya pilihlah bahan makanan yang terdapat beberapa karbohidrat dan serat, tambahkan beberapa lauk untuk protein anda.” Ridwan Annas, Amd.Gz – Ahli gizi Wawai Diet Catering di Bandar Lampung
Untungnya, Gizi For Health memberikan banyak pilihan makanan untuk Anda. Berikut adalah beberapa makanan sarapan favorit kami, bersama dengan tips ahli.

Havermut

Mungkin anda pernah melihat gambar berbentuk jantung atau sering disebut bentuk “love” yang berisikan penuh dengan oat/havermut. Bukan tanpa alasan karena oat mengandung beta-glucan, sejenis serat yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol bila dimakan secara teratur. Perlu alasan lain? Oats juga kaya omega-3 asam lemak, folat, dan potasium.
Oat membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk matang, mengandung lebih banyak serat. Jenis oatmeal merupakan pilihan sehat. Namun pilihlah dengan tepat, beberapa oat kemasan mengandung gula sederhana yang membuat anda gemuk. Sebaiknya, pilihlah campuran makanan anda sendiri seperti susu dan sedikit madu, dan toping buah dan kacang-kacangan.

Yoghurt

Asam, itu rasa yang terpintas di pikiran kita tentang yoghurt. Namun, yoghurt sarat dengan kalsium dan banyak protein yang dapat membuat Anda merasa kenyang sepanjang pagi. Pilihlah yogurt tanpa tambahan lain seperti lemak atau jika anda butuh porsi yang lebih, tambahkan beberapa buah untuk memberikan beberapa rasa manis dan kenyang.

Gandum

Sebanyak dua sendok makan Gandum mengandung vitamin E sekitar 15% dari asupan harian yang direkomendasikan dan 10% dari folat harian Anda. Sumber Vitamin E jarang sekali dikonsumsi dalam diet beberapa orang, jadi ini adalah cara yang baik untuk menambahkan beberapa gandum dalam diet anda.

Sangat mudah untuk memasukkan gandum sebagai menu sarapan anda, Anda cukup menaburkannya di atas sereal, aduk ke dalam yogurt, atau campurkan ke dalam smoothie.

Jeruk bali

Mencoba untuk menurunkan berat badan? Menurut sebuah penelitian, makan setengah jeruk bali sebelum makan dapat membantu Anda langsing lebih cepat, berkat pembakar lemak dari sifat buah dan efek menguntungkan pada gula darah dan tingkat insulin. Grapefruit juga membuat anda tidak kehausan, dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh anda.

Untuk sarapan sebaiknya memasangkannya dengan protein-seperti yoghurt atau telur. Tetapi ikuti anjuran dokter terlebih dahulu jika Anda sedang mengonsumsi obat, beberapa obat terganggu prosesnya akibat konsumsi jeruk dan jus jeruk.

Pisang

Siapa yang tidak suka pisang? Sarapan pisang dapat membuat anda merasa kenyang hingga siang. Pilihlah buah pisang yang sudah berwarna kuning dan masih ada sedikit sentuhan warna hijau karena kandungan pati resisten pada buah ini adalah salah satu yang terbaik.

Kombinasikan buah ini dengan sarapan pagi anda yang lain karena akan menambahkan rasa manis alami, sehingga Anda tidak perlu tambahan gula.

Kandungan kaliumnya sangat pas, elektrolit ini membantu menurunkan tekanan darah secara alami, pisang adalah pilihan yang sangat baik bagi penderita hipertensi.

Telur

Saat ini beberapa orang menjauhi telur karena tinggi kolesterol (satu kuning telur mengandung sekitar 60% dari jatah harian Anda), namun telur memiliki sumber protein sehat dan nutrisi lain seperti vitamin D. Cukup 1 butir telur dalam sehari tidak akan membuat kesehatan anda beresiko.

Mentega almond

Jangan makan telur atau susu? Mentega almond merupakan sumber alternatif protein yang sangat baik, dan mengandung lemak tak jenuh tunggal (salah satu lemak baik). Mentega almond dalat dipasangkan dengan roti gandum plus pisang atau apel."

Gizi dari mentega almond sebanding dengan selai kacang, dan mereka masing-masing memiliki sekitar 100 kalori per sendok makan. Mentega Almond mengandung sedikit lemak jenuh.

Semangka

Seperti namanya dalam bahasa inggris adalah cara terbaik untuk menghidrasi pagi anda. Siapa yang tidak kenal buah berair ini, sumber terbaik lycopene dengan fungsi penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker.

Terbaik dari semua pilihan makanan sarapan, semangka hanya mengandung 40 kalori per potongan sedang, semangkan membakar lebih banyak kalori selama proses pencernaan daripada menambahkan kalori.

Stroberi

Stroberi sangat baik karena mereka begitu tinggi antioksidan tanpa tinggi kalori. Satu cangkir stroberi mengandung 60 gram vitamin C dan dapat memenuhi asupan harian anda, bersama dengan jumlah asam folat dan serat yang tinggi.

Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa wanita kurang mungkin mengalami serangan jantung selama periode 18-tahun kedepan jika mereka makan lebih dari tiga porsi stroberi atau blueberry per minggu. (Stroberi, seperti blueberry, adalah sumber dari anthocyanin.)

Kopi

Minum kopi telah dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit (seperti diabetes dan kanker prostat). Para peneliti menduga kombinasi kafein dan antioksidan yang bertanggung jawab untuk banyak manfaat kesehatan. (Sebuah studi 2005 menemukan bahwa kopi adalah nomor satu sumber antioksidan dalam makanan di AS, percaya atau tidak.)

Tentu saja, minum kopi dengan krim dan gula dapat menghilangkan manfaat potensialnya. Kebiasaan ini harus diubah dengan hanya menambahkan susu skim pada minuman anda atau susu low fat.

Teh

Tidak suka kopi? Teh memiliki riwayat yang cukup mengesankan dari manfaat kesehatan. Karena memiliki kurang kafein, lebih efektif daripada kopi, dan itu juga merupakan sumber yang kaya antioksidan dan meningkatkan kekebalan dikenal sebagai catechin.

Semua teh (hitam, hijau, atau putih) memberikan antioksidan, tapi teh hijau lebih sehat dari semua golongan teh. Penelitian menunjukkan bahwa minum lima cangkir sehari dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan membantu Anda menurunkan berat badan. Namun perlu di ingat, konsumsi teh dengan tambahan gula hanya akan menambahkan berat badan anda.

Baca juga Jenis teh dan keuntungan bagi kesehatan

Melon

Buah adalah tambahan yang baik untuk sarapan Anda, tidak terkecuali melon. Sekitar seperempat-melon (Enam ons) hanya mengandung 50 kalori dan mengandung vitamin C dan vitamin A, nutrisi penting untuk menghaluskan kulit dan tampak lebih muda.

Seperti kebanyakan, melon memiliki konsentrasi air yang tinggi, yang berarti akan membantu Anda tetap terhidrasi dan membuat Anda merasa kenyang sampai waktu makan siang.

Kiwi

Buah unik ini memiliki sekitar 65 miligram vitamin C per porsi-hampir sebanyak jeruk. Kiwi kaya kalium dan tembaga, mengandung lebih banyak serat per ons dari pisang, yang membuatnya baik untuk pencernaan. (Dalam satu studi, makan dua kiwi sehari selama satu bulan dapat mengurangi sembelit pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.)

Jika Anda suka rasa manis, mencoba mencampur mereka dengan stroberi dan pisang di smoothie atau buah salad

Sereal

Begitu banyak jenis sereal yang beredear dimasyarakat. Jika anda ingin memilih kandungan yang terbaik sebaiknya pilih yang kandungan seratnya minimal 5 gram dan kandungan gula kurang dari 5 gram. Atau yang lebih baik lagi, lihat pada nutrition fact pada sereal yang diperkaya dengan riboflavin, asam folat, dan nutrisi penting lainnya.

Kombinasikan sereal dengan susu low fat dapat menjadikan anda lebih kenyang hingga siang nanti. Jika anda kurang puas, konsumsilah buah – buahan yang telah dianjurkan.

Baca juga Cara membaca label informasi nutrisi (Nutrition facts)

Roti gandum

Karbohidrat adalah andalan sarapan dibeberapa negara, tapi jenis karbohidrat yang Anda pilih dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan. Aturan sederhana untuk diingat adalah bahwa gandum mengandung lebih banyak serat dan nutrisi.

Mengolesi roti Anda dengan mentega atau jelly  dan sebaiknya tambahkan beberapa protein seperti menambahkan telur.

Semoga bermanfaat, Viva Nutricia !!!
15 Makanan Sarapan Sehat Terbaik Untuk Tubuh
star

1 comment:

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)