Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet

star

Makanan Sehat dan Cara Pengolahannya

Dewasa ini kita semakin sering mendengarkan kata “diet sehat” namun kita masih kurang paham segala hal tentang itu. Banyak hal yang perlu dikaji dalam memilih menu diet yang tepat khususnya untuk optimalisasi penurunan berat badan. Diet sehat sebenarnya mudah untuk diterapkan, namun perlu ketelatenan dalam menjalankannya. Dari pemilihan bahan makanan, cara pengolahan bahan makanan hingga aktifitas fisik untuk membantu penurunan berat badan. Penelitian dari The National Diet and Nutririon Survey, berpendapat bahwa wanita di umur 20 – 30 tahun sering mengabaikan pola makan sehat, sedangkan hanya 4% saja wanita berumur 19-24 tahun yang memperhatikan kesehatan dengan makan buah dan sayuran lima kali sehari. Sedangkan umur 25 tahun dan selanjutnya sangat membutuhkan nutrisi tulang untuk memperkecil resiko osteoporosis.



Makanan Sehat Untuk Diet

Apa yang harus dikonsumsi?


Sumber kalsium untuk mencukupi kebutuhan tubuh sangatlah mudah, pilih kombinasi makanan seperti susu murni, yoghurt, atau keju. Untuk solusi lain, konsumsi sayuran yang kaya kalsium seperti brokoli, bayam, biji-bijian, dan produk olahan kedelai.

Sumber Serat merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan makanan sehat untuk diet penurunan berat badan. Elemen ini sangat vital karena dengan serat tubuh lebih tahan lama untuk merasakan lapar. Serat yang dikonsumsi saat diet lebih lama dicerna didalam tubuh. Contohnya konsumsi sereal gandum atau bubur havermot dengan campuran sedikit susu rendah lemak dan buah jeruk atau strawberry pada pagi hari sangat membantu anda menurunkan berat badan.

Kurangi penggunaan natrium (garam): anjuran konsumsi normal untuk orang dewasa dalam sehari adalah sebanyak 4 sampai 6gr. Untuk ke-efektifan dalam makanan sehat untuk diet disarankan untuk konsumsi garam 2 sampai 4 gram natrium dalam sehari. Saat memasak, usahakan ganti bumbu-bumbu yang mengandung garam dengan bawang putih, merica hitam, cabai, jus lemon, dan rempah-rempah.

Sumber Antioksidan yang terdapat didalam buah dan sayuran berwarna terang sangat penting untuk kebutuhan peremajaan dalam tubuh. Pastikan pemilihan bahan makanan anda dalam takaran minimal lima porsi dalam sehari.

Sumber Protein: Konsumsi makanan sumber protein dalam diet sehat juga sangat penting karena protein adalah zat pembangun dalam tubuh manusia. Pilihlah sumber protein hewani dengan jenis White Meat atau daging yang warnanya putih seperti daging unggas dan seluruh isi lautan.

Lemak: makanan rendah lemak seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dapat membantu anda menekan laju penumpukan lemak pada tubuh. Bukan berarti kita sebagai pelaku diet untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak sama sekali karena lemak juga memiliki peran yang sangat dibutuhkan dalam mengatur suhu tubuh.

Bagaimana mengolahnya ?


Makanan yang telah disebutkan diatas sudah tepat jika kita menerapkannya dalam makanan sehat untuk diet. Namun, pengolahan bahan makanan tersebut juga menentukan dalam penurunan berat badan.

Bowling  : teknik pengolahan bahan makanan ini sangat mempengaruhi karena dalam prosesnya tidak menganjurkan pelaku diet untuk menggunakan lemak, hanya menggunakan air yang dipanaskan saja untuk memasaknya.

Steaming : Media proses pengolahan bahan makanan ini masih menggunakan hal yang sama dengan Bowling, yaitu menggunakan air untuk memasaknya namun bahan makanan tidak kontak langsung dengan air melainkan dengan uapnya.

Grilling : Teknik pengolahan bahan makanan yang hanya menggunakan kontak langsung dengan api sebagai medianya.

Sudah jelas bahwa banyak hal yang sangat mempengaruhi penurunan berat badan, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Jika penerapan yang anda lakukan sudah sesuai maka perkiraan penurunan berat badan 3 – 5 kg dalam 1 minggu. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga sehingga dapat membantu anda dalam membakar lemak didalam tubuh.

Ingat ! Semakin tinggi aktifitas anda maka semakin tinggi juga peluang anda untuk menurunkan berat badan karena penentu keberhasilan penurunan berat badan adalah pada tingginya aktifitas tubuh.

Baca juga MSG Tidak Bahaya Untuk Tubuh

Viva Nutrisia !!!


JudulPilihan Makanan Sehat Untuk Diet


star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)