Garam Beryodium : Penjelasan Yodium Menurut Ahli Gizi

star
Garam Beryodium adalah garam konsumsi yang ditambah dengan senyawa yodium. Jumlah yodium yang dihitung tidak kurang dari 30mg/kg. Yodium adalah sejenis mineral atau zat gizi mikro yang terdapat di alam baik di tanah maupun di air yang berguna untuk membek hormone tiroksin di dalam tubuh. Selain itu, bagian dari mikromineral dan mikronutrien yang berfungsi untuk produksi energi, metabolisme serta perkembangan fisik dan pertumbuhan manusia termasuk kecerdasan mulai dari janin hingga dewasa dan mental yang sumber makanannya terdapat pada garam beryodium dan makanan laut.

Yodium dibutuhkan dalam jumlah yang sangat kecil yaitu 100-150 mikro gram/hari untuk sintesis hormon tiroid. Komposisi yodium dalam tubuh harus cukup, karena kelebihan yodium dapat menyebabkan hipertiroid, sedangkan kekurangan yodium bisa menyebabkan keguguran, lahir mati, cacat bawaan, kretin, dan hipotiroid.

Garam Beryodium


Yodium diperlukan dalam tubuh untuk membentuk hormone tiroid. Hormon tiroid berfungsi untuk meregulasi metabolisme karbohidrat dan lipid serta diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan yang normal. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Kelenjar tiroid adalah suatu kelenjar yang menghasilkan hormone tiroid dengan bahan dasar yodium yang terletak dibawah laring sebelah kanan dan kiri depan trakea (cek leher anda).  Hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid ada 2 yaitu tiroksin (T4) dan tri-iodotironin (T3). Salah satu kelenjar endokrin terbesar, pada orang dewasa normal beratnya 15-20 gr. Sekresi kelenjar tiroid di atur oleh TSH (hormone perangsang tiroid). Kedua hormone ini sangat penting bagi kehidupan, karena jika hormone ini tidak ada maka dapat menyebabkan perlambatan pertumbuhan dan perkembangan pada berbagai fase kehidupan serta perlambatan mental. Hormon tiroid merupakan salah satu hormone yang membutuhkan bahan dasar dari luar yaitu yodium.
Rekomendasi WHO
Asupan Yodium
(mikro gram per hari)
Anak-anak 0-5 tahun
90
Anak anak 6-12 tahun
120
Anak anak >12 tahun + dewasa
150
Ibu Hamil
250
Ibu Menyusui
250

Sumber yodium

  • Air laut mengandung sedikit yodium
  • Plankton
  • Ganggang laut
  • Ikan kering seperti ikan laut dan cumi cumi
  • susu, telur dan daging memiliki kadar yang sedikit
  • Konsumsi Ikan laut sangat baik untuk kebutuhan yodium


Cara menyimpan garam yang mengandung yodium

  • Yodium pada garam dapat rusak oleh sinar matahari dan cairan, maka simpan pada wadah plastik, kayu, gelas atau gerabah yang memiliki tutup
  • Simpan pada wadah kering, bebas karat, tidak tembus cahaya, dan tertutup rapat
  • Tempatkan pada suhu yang sejuk, jauh dari sumber panas
  • Jauhkan dari tempat lembab
  • Tidak di simpan lebih dari 6 bulan

Garam Beryodium : Penjelasan Yodium Menurut Ahli Gizi
star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)