Apel sang "Pembangkit Energi Gizi"

star

Keajaiban buah dari Surga

"An apple a day keeps the doctor away" sebuah pepatah lama yang sebagian besar dari kita sudah tahu, tapi apa yang membuat buah ini begitu istimewa? Apa manfaat kesehatan yang berhubungan dengan makan apel?

Sebagai salah satu buah yang paling dibudidayakan dan dikonsumsi di dunia, apel terus dipuji sebagai "Makanan Ajaib".

Apel sangat kaya antioksidan yang penting untuk tubuh serta flavanoids, dan serat makanan.

Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Manfaat kesehatan dari Apel

Apel hampir tidak mengandung lemak, natrium atau kolesterol.
Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa apel menjadi salah satu makanan terbaik untuk ditambahkan pada menu anda sehari-hari karena :


Meningkatkan kesehatan saraf


Apel baik untuk kesehatan saraf. Buah mengandung antioksidan yang disebut "quercetin" yang mengurangi kematian sel yang disebabkan oleh oksidasi dan peradangan neuron, menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Quebec.

Mencegah demensia


Para peneliti di Cornell University melakukan penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science, yang menemukan bukti yang menunjukkan bahwa apel dapat membantu "melindungi sel-sel neuron terhadap stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas", yang dapat mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer .

Mengurangi risiko stroke


Sebuah studi yang melibatkan 9.208 pria dan wanita menunjukkan bahwa mereka yang makan apel selama periode 28-tahun memiliki risiko terendah untuk stroke. Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan apel terkait dengan penurunan risiko stroke trombotik.

Menurunkan kadar kolesterol jahat


Sekelompok peneliti di The Florida State University menyatakan bahwa apel benar-benar adalah "buah ajaib". Mereka menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang makan apel setiap hari memiliki 23% lebih sedikit kolesterol jahat (LDL) dan 4% kolesterol lebih baik (HDL) setelah mengkonsumsi apel selama enam bulan.

Mengurangi risiko diabetes


Apel juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes. Sebuah penelitian yang melibatkan 187.382 orang menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi per minggu dari apel, anggur, kismis, blueberry atau pir memiliki risiko 7% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Menangkal kanker payudara


Ada bukti yang berkembang menunjukkan bahwa sebuah apel sehari dapat membantu mencegah kanker payudara, menurut serangkaian studi yang dilakukan oleh peneliti terkemuka Cornell Rui Hai Liu.

Liu mengatakan dalam penelitiannya "bukti yang berkembang bahwa peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran, termasuk apel, dapat meningkatkan asupan yang lebih pada fenolat, yang terbukti memiliki manfaat kesehatan yang penting. Saya akan merekomendasikan konsumen untuk makan lebih banyak berbagai jenis buah-buahan dan sayuran setiap hari. "

Perkembangan terakhir tentang manfaat apel

Sebuah apel dalam sehari sama efektifnya dengan statin dalam mencegah kematian vaskular. Para peneliti dari University of Oxford di Inggris menemukan bahwa makan apel setiap hari bisa sama efektifnya dengan statin dalam mencegah kematian vaskular antara orang-orang di atas umur 50 tahun.

Rincian gizi apel

Apel layak disebut "pembangkit energi gizi". Mereka mengandung nutrisi penting berikut:


  • Vitamin C - antioksidan alami yang kuat, mampu memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap agen infeksius, menurut University of Maryland Medical Center.
  • Vitamin B-kompleks (riboflavin, thiamin, dan vitamin B-6) - vitamin ini adalah kunci dalam menjaga kesehatan sel-sel darah merah dan sistem saraf dengan baik.
  • Serat makanan - British National Health Service mengatakan bahwa diet tinggi serat dapat membantu mencegah perkembangan penyakit tertentu dan dapat membantu mencegah jumlah kolesterol jahat dalam darah Anda.
  • Fitonutrien - apel kaya akan senyawa polifenol "fitonutrien ini membantu melindungi tubuh dari efek merusak dari radikal bebas”.
  • Mineral seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

Apel, dengan kulit (bagian yang dapat dimakan) nilai gizi per 100 gram
Energi - 52 kcal
Karbohidrat - 13.81 g
Lemak - 0.17 g
Protein - 0.26 g
Air - 85.56 g
Natrium - 1 mg
Beta-carotene - 27 μg
Lutein and zeaxanthin - 29 μg
Thiamin (vitamin B1) - 0.017 mg
Vitamin A equiv - 3 μg
Riboflavin (vitamin B2) - 0.026 mg
Niacin (vitamin B3) - 0.091 mg
Asam Pantothenic (vitamin B5) - 0.061 mg
Vitamin B6 - 0.041 mg
Folat (vitamin B9) - 3 μg
Vitamin C - 4.6 mg
Vitamin E - 0.18 mg
Vitamin K - 2.2 μg
Kalsium - 6 mg
Zat Besi - 0.12 mg
Magnesium - 5 mg
Mangan - 0.035 mg
Fosfor - 11 mg
Kalium - 107 mg
Catatan: ukuran rata-rata buah apel adalah 150 gram


Risiko dan tindakan pencegahan

Tidak ada efek samping yang serius terkait dengan konsumsi apel.

Biji apel mengandung mengandung sianida, racun kuat. Makan terlalu banyak biji apel berpotensi bisa berakibat fatal. Biji apel sebaiknya tidak dikonsumsi.

Selain itu, karena apel cukup asam, mereka bisa sampai empat kali lebih merusak gigi dibandingkan minuman berkarbonasi, menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Profesor David Bartlett.

Profesor Bartlett mengatakan bahwa "mengemil makanan asam sepanjang hari dapat merusak gizi, sementara konsumsi makanan asam pada waktu makan jauh lebih aman. Ini bukan tentang apa yang Anda makan melainkan bagaimana Anda memakannya -. Sebuah apel sehari memang baik, tetapi mengkonsumsi seharian dapat merusak gigi. "

Apel - tiga pertanyaan yang sering diajukan

Apakah saya harus makan kulit apel?
- Sebagian besar serat dan antioksidan dalam kulit,

Bagaimana pestisida pada kulitnya?
- Meskipun kesalahan persepsi publik, laboratorium telah secara konsisten menemukan tingkat yang sangat rendah.

Saya menderita diabetes tipe 2, Apakah saya bisa makan apel?

 - Menurut American Diabetes Association, "Apel adalah makanan bergizi dan Anda masih bisa makan bahkan jika Anda memiliki diabetes." Asosiasi mengingatkan orang untuk makan kulit dan menyarankan untuk membeli apel kecil (2,5 inci diameter).

Semoga bermanfaat, Viva Nutricia !!!

Baca juga Manfaat dalam sebuah Alpukat
Apel sang "Pembangkit Energi Gizi"
star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)