Manfaat Dalam Sebuah Alpukat

star

Kandungan Gizi dan Manfaat dalam Buah Alpukat


Alpukat adalah buah yang sangat creamy atau gurih seperti mentega. Buah ini tumbuh di iklim panas dan sering dijadikan menu makanan Negara Meksiko dan Amerika Selatan termasuk Indonesia.
Di benua Amerika, alpukat sering disebut dengan buah mentega, versatileavocado adalah buah yang jika tanpa campuran buah lain akan menyediakan sejumlah besar lemak tak jenuh tunggal. Alpukat adalah makanan alami padat nutrisi dan mengandung 20 vitamin dan mineral.

Kesehatan yang Didapat Jika Mengkonsumsi Buah Alpukat

Mengkonsumsi variasi buah-buahan dan sayuran telah lama dikaitkan dengan banyak kondisi gaya hidup sehat. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi buah alpukat mengurangi risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kematian serta menjadikan kulit dan rambut lebih sehat, meningkatkan semangat dan menurunkan berat badan.
Manfaat Buah Alpukat

Sehat untuk jantung

Menurut ahli diet Patricia Groziak, MS, RD, alpukat mengandung 25 miligram per ounce dari sterol disebut beta-sitosterol. Konsumsi secara teratur beta-sitosterol dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara yang sehat.

Baca juga Diet sehat penyakit jantung koroner

Menurunkan kolesterol

Tidak banyak yang tahu bahwa Alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat, karena masyarakat hanya tahu bahwa kolesterol berdampak buruk bagi tubuh padahal terdapat kolesterol baik pada buah alpukat yang senantiasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian pada tahun 1996 di jurnal Archives of Medical Research menemukan bahwa pasien hiperkolesterolemia (kelebihan kolesterol dalam darah) yang mengkonsumsi buah alpukat dalam diet mereka selama satu minggu menurunkan 22 persen kolesterol jahat dan trigliserida.

Mengatur gula darah

Menurut Readers Digest, alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal dan berdampak positif memicu resistensi insulin berhenti, yang membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, serat larut dalam alpukat dapat menstabilkan kadar gula darah.

Mengatur tekanan darah

Alpukat mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. The American Heart Association melaporkan bahwa kalium membantu menstabilkan efek garam, yang dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Pengelihatan

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua fitokimia yang sangat diperlukan untuk kesehatan mata. Kedua karotenoid tersebut berperan sebagai antioksidan pada mata dan dapat meminimalkan berkedip.

Mencegah Osteoporosis

Vitamin K selalu dikaitkan dengan kalsium dan vitamin D , nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dapat menyehatkan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi urin calcium.
Konsumsi Satu-setengah buah alpukat dapat memberikan 25% kebutuhan dari asupan Vitamin K harian anda.

Mencegah Kanker

Rendahnya tingkat folat telah terbukti dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Asupan folat diet (dari makanan, bukan suplemen) lebih lanjut menunjukkan dampak posotif dalam melindungi  dari kanker usus, perut, pankreas dan kanker serviks.
Konsumsi satu-setengah dari buah alpukat dapat memenuhi kebutuhan asam folat anda sampai 20% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Bayi yang sehat

Folat merupakan tambahan penting bagi wanita hamil. Asupan folat mencegah bayi terhadap cacat tabung saraf dan keguguran. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa folat seorang ayah dalam konsepsi sama pentingnya dengan ibu. Dalam memeriksa dari McGill University, kebutuhan asam folat ayah yang tidak terpenuhi atau kurang dapat menyumbang kemungkinan 30% cacat lahir pada keturunannya.

Peningkatan pencernaan

Meskipun tekstur lembut, sebuah alpukat sebenarnya tinggi serat, mengandung 6-7 gram per setengah buah. Mengonsumsi makanan berserat alami dapat mencegah sembelit, mempertahankan saluran pencernaan yang sehat dan merendahkan risiko kanker usus besar.

Detoksifikasi alami

Asupan serat yang cukup bagi tubuh sangat penting untuk ekskresi racun melalui empedu dan feses. Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan dapat mencegah peradangan dengan dibantu sistem kekebalan tubuh.

Perlindungan dari penyakit kronis

Menurut Departemen of Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi dari Universitas Kentucky, asupan serat yang tinggi menurunkan risiko penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, obesitas, dan penyakit pencernaan tertentu. Peningkatan asupan serat telah terbukti menurunkan kadar tekanan darah dan kolesterol, memperbesar reaksi insulin, dan termasuk penurunan berat badan bagi penderita obesitas.

Psikoanalisis gizi alpukat

Konsumsi Alpukat :)
Menurut database USDA National Nutrient, satu porsi (sekitar 40 gram) mengandung 64 kalori, 6 gram lemak, 4 gram karbohidrat, 0 gram gula, 3 gram serat dan 1 gram protein.

Alpukat adalah sumber vitamin C, E, K, dan B-6, serta kaya akan riboflavin, niacin, asam folat, asam pantotenat, magnesium andpotassium. Dengan nutrisi lain yaitu lutein, beta-karoten dan omega-3.
Meskipun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, Tenang! Alpukat penuh dengan sumber lemak sehat yang menguntungkan untuk membuat Anda kenyang. Ketika Anda mengkonsumsi lemak, otak Anda menerima sinyal untuk menurunkan nafsu makan Anda. Makan lemak memperlambat pemecahan karbohidrat menjadi gula, yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah Anda.

Lemak sangat diperlukan untuk setiap satu sel dalam tubuh Anda. Bahkan, 60% dari otak Anda terbuat dari lemak. Makan lemak sehat akan membuat kulit dan muka Anda bersinar, beserta vitamin augmentasi dan penyerapan mineral bahkan meningkatkan sistem kekebalan Anda.

Jangan tertipu oleh produk rendah lemak, atau menghindari buah alpukat dan kacang-kacangan apalagi yang penuh dengan lemak sehat. Sejak makanan rendah lemak beredar pada tahun 1950-an, banyak orang menjadi lebih gemuk. Produsen sering hanya mengganti jenis lemak dalam produk dengan gula.

Maksud dari artikel ini bukan membuat Anda harus makan daging burger keju dan makanan yang digoreng, karena tidak setiap bagian dari lemak diciptakan sama. Makan lemak sehat sehari-hari (dengan mono akun dan lemak tak jenuh ganda dalam alpukat) akan terjadi rekan kesehatan jantung anda, merendahkan kadar kolesterol, obligasi kenyang dan mengekang keinginan Anda untuk makanan gorengan, makanan berminyak. Di sisi lain, makanan yang digoreng, daging olahan dan keju mengandung lemak jenuh yang dapat menyumbat arteri dan kolesterol akrual.

Cara memasukkan alpukat dalam diet Anda

Pilih alpukat yang matang dengan cara  menekan lembut ke dalam kulitnya. Jika alpukat lunak dan tidak keras itu matang. Alpukat yang lembut membuat guacamole menyenangkan atau dip, meskipun alpukat lebih kencang bagus untuk salad atau sandwich. Untuk mempercepat proses pematangan alpukat, anda dapat membungkus alpukat dengan kertas.

Risiko kesehatan potensial dari mengkonsumsi alpukat

Ini adalah diet yang tidak dimodifikasi atau bukan pola makan secara keseluruhan dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang ideal. Hal ini hanya untuk makan diet yang dapat membantu kesehatan dan bukan berarti anda harus makan alputkat setiap saat. Jadi konsumsilah alpukat dengan bahan makanan lain yang mendukung kesehatan anda. Terapkan makanan bergizi seimbang dengan variasi makanan 5 – 12 porsi jenis makanan perhari.


Semoga bermanfaat, Viva Nutricia !!!


Kandungan Gizi dan Manfaat dalam Buah Alpukat


star

2 comments:

  1. disamping dapat dimanfaatkan sebagai jus segar ternyata alpukat menyimpan kandungan manfaat yang besar.
    cara mengobati sakit gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih telah berkunjung di blog kami

      Delete

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)