Kecurangan Makanan di Masyarakat Indonesia

star

Makanan yang Menjadi Penambahan Bahan Berbahaya bagi Tubuh


Dewasa ini berbagai acara berita investigasi televisi menampilkan beberapa makanan yang sebagian besar dijual dengan harga murah namun ternyata mengandung zat berbahaya seperti pewarna tekstil, zat pengawet berbahaya, zat pemanis berbahaya, lilin dan lain – lainnya. Itu semua adalah ulah tangan jahat dari manusia uang ingin menghemat biaya produksi dan memperoleh keuntungan lebih banyak.
Kecurangan Makanan di Masyarakat Indonesia
Kecurangan tersebut tidak berhenti dengan sendirinya. Segala cara dilakukan produsen agar mereka meraih keuntungan banyak, produsen nakal itu menggunakan bahan makanan yang tak layak pakai, seperti cabai atau daging ayam yang sudah busuk dan sebagainya yang kemudian dengan liciknya disulap menjadi makanan yang sudah matang yang sering kali susah dikenali keaslian atau jaminan bahannya.

Berikut ini contoh produk yang telah mengalami kecurangan :

·         Saus

Bumbu dapur olahan dan makanan lain yang terlihat mencolok warnanya. Makanan dengan warna ini kemungkinan besar menggunakan pewarna tekstil yang berbahaya jika dikonsumsi. Pedagang menggunakan pewarna ini karena lebih murah sekaligus warna dihasilkan lebih “terlihat” dan menarik para konsumen terutama anak – anak. Selain warna yang “jreng”, pewarna ini akan membekas di tangan jika makanan tersebut kita pegang. Konsumsi makanan dengan zat warna ini akan menyebabkan kanker dan kerusakan organ hati

·         Bakso

Boraks yang biasanya dipakai untuk membuat adonan bakso menjadi kenyal setelah direbus dicirikan dengan kekenyalan dan tanda bekas gigitan akan kembali ke bentuk semula ketika digigit. Para pedagang beralasan menggunakan boraks sebagai pengikat daging ketika membentuknya kedalam bulatan, padahal zat ini tidak baik bagi kesehatan tubuh, dapat menumbuhkan sel kanker.

·         Tahu

Anda perlu curiga pada tahu yang teksturnya keras dan padat dengan kemungkinan adanya kandungan formalin untuk mengawetkan tahu yang rapuh untuk membusuk. Pilihlah tahu yang masih kenyal dan cenderung akan hancur jika dipegang terlalu lama

·         Mie Instan

Berita mengenai Mie Instan yang buruk bagi kesehatan karena menggunakan lapisan lilin sebagai pelapis mie supaya tidak lengket saat dimasak sudah mendunia selama bertahun – tahun.
Mie instan di klaim oleh beberapa pihak sebagai jenis makanan yang berbahaya karena mengandung lapisan lilin pada mie-nya. Lapisan ini sulit di cerna oleh tubuh dan perlu waktu sedikitnya dua hari sampai dapat dikeluarkan dari tubuh. Konsumsi mie instan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kanker karena tumpukan lilin di saluran pencernaan.

·         Makanan yang diberikan MSG secara berlebihan

Kecurangan yang terjadi pada hal ini adalah produsen memberikan MSG lebih dari batas konsumsi tubuh manusia untuk menciptakan cita rasa yang mengugah selera konsumen. Akan tetapi dampak dari pemberian MSG terlalu banyak memberikan Efek bahaya dari Penggunaan MSG untuk Kesehatan :
Chinese Restaurant Syndrome
Kerusakan Sel Jaringan Otak



Kecurangan Makanan di Masyarakat Indonesia


star

1 comment:

  1. Yuk Coba Keberuntunganmu Hari ini... Gabung Sekarang Bandar Sabung Ayam Online Terbesar di Asia, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)