Tips Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Efek Baik untuk Janin

star
Gizi Ibu Hamil
Status gizi sebelum dan selama hamil dapat mempegaruhi pertumbuhan janin yang sedang dikandung. Bila status gizi ibu normal pada masa sebelum dan selama hamil kemungkinan besar akan melahirkan bayi yang sehat, cukup bulan dengan berat badan normal. Dengan kata lain kualitas bayi yang dilahirkan sangat tergantung pada keadaan gizi ibu sebelum dan selama hamil.

Seorang ibu hamil akan melahirkan bayi yang sehat bila tingkat kesehatan dan gizinya berada pada kondisi yang baik. Namun sampai saat ini masih banyak ibu hamil yang mengalami masalah gizi khusunya gizi kurang seperti Kurang Enargi Kronis (KEK) dan anemia gizi. Hasil SKRT 1995 menunjukkan bahwa 40% ibu hamil menderita KEK dan 51% yang menderita anemia mempunyai kecenderungan melahirkan bayi dengan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).

Ibu hamil yang menderita KEK dan Anemia mempunyai resiko kesakitan yang lebih besar terutama pada trimester III kehamilan dibandingkan dengan ibu hamil normal. Akibatnya mereka mempunyai resiko yang lebih besar untuk melahirkan bayi dengan BBLR, kematian saat persalinan, perdarahan, pasca persalinan yang sulit karena lemah dan mudah mengalami gangguan kesehatan. Bayi yang dilahirkan dengan BBLR umumnya kurang mampu meredam tekanan lingkungan yang baru, sehingga dapat berakibat pada terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan, bahkan dapat mengganggu kelangsungan hidupnya. Selain itu akan dapat menimbulkan resiko kesakitan dan kematian bayi karena rentan terhadap infeksi saluran pernapasan bagian bawah.

Bila ibu mengalami kekurangan gizi selama hamil akan menimbulkan masalah baik pada ibu maupun janin antara lain sebagai berikut

Terhadap Ibu
 Gizi kurang pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko dan komplikasi pada ibu antara lain: anemia, perdarahan dan berat badan ibu tidak bertambah secara normal serta terkena penyakit infeksi.

 Terhadap Persalinan
Pengaruh gizi kurang terhadap proses persalinan dapat mengakibatkan persalinan sulit dan lama, persalinan sebelum waktunya (premature), perdarahan setelah persalinan serta persalinan dengan operasi cenderung meningkat

Terhadap Janin
Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan dapat menimbulkan keguguran , abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, cacat bawaan, anemia pada bayi, asfiksia intra partum (mati dalam kandungan) dan lahir dengan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).


Ada beberapa suplemen makanan yang biasanya diberikan untuk ibu hamil untuk menghindari masalah dalam proses hamil

Tablet Tambah Darah (TTD) yang mengandung zat besi (Fe) yang dapat membantu pembentukan sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan zat nutrisi makanan bagi ibu dan janin. TTD mengandung 200 mg ferrosulfat yang setara dengan 60 mg besi elemental dan 0,25 mg asam folat. Tablet Tambah Darah diminum satu tablet tiap hari di malam hari selama 90 hari berturut-turut, karena pada sebagian ibu yang hamil merasakan mual, muntah, nyeri pada lambung, diare, dan susah buang air besar. Usaha lain untuk menambah asupan zat besi adalah daging segar, ikan, telur, kacangkacangan, dan sayuran segar yang berwarna hijau tua.

Kalsium merupakan zat yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, jika asupan kalsium kurang maka kebutuhan kalsiun diambil dari tulang ibu. Kebutuhan akan kalsium bagi ibu hamil adalah 950 mg tiap harinya. Asupan Kalsium bisa didapat dari minum susu, ikan, udang, rumput laut, keju, yoghurt, sereal, jus jeruk, ikan sarden, kacangkacangan, biji-bijian, dan sayur yang berwarna hijau gelap.

Vitamin juga diperlukan untuk menjaga kesehatan ibu yang hamil. Beberapa vitamin ibu hamil yang dibutuhkan adalah vitamin C (80 mg) yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi, vitamin A (6000 IU), vitamin D (4 mcg). Vitamin ini dapt diperoleh dari cabe merah, mangga, pepaya, wortel, ubi, aprikot, dan tomat


Kondisi fisik dan kenaikan berat badan normal bagi wanita hamil pada setiap trimester adalah sebagai berikut:

Trimester I (0 – 12 minggu)
Umumnya nafsu makan ibu berkurang, sering timbul rasa mual dan ingin muntah. Kondisi ini ibu harus tetap berusaha untuk makan agar janin dapat tumbuh dengan baik. Kenaikan normal antara 0,7 – 1,4 kg.

Trimester II (sampai dengan usia 28 minggu)
Napsu makan sudah pulih kembali. Kebutuhan makan harus diperbanyak. Kenaikan berat badan normal antara 6,7 – 7,4 kg

Trimester III (sampai dengan usia 40 minggu)
Nafsu makan sangat baik, tetapi jangan berlebihan. Kenaikan berat badan normal antara 12,7 kg – 13,4 kg.






Tips Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Efek Baik untuk Janin





Tips Makanan Sehat untuk Ibu Hamil dan Efek Baik untuk Janin


star

1 comment:

  1. Jual Cytotec jakarta Obat Telat Bulan Misoprostol Cytotec asli ONLINE
    Aman cepat akurat untuk mengatasi TELAT DATANG BULAN.
    Diberikan dosis dan aturan pakai YanG tepat supaya TELAT BULAN berhasil 100%,
    aman cepat tepat tanpa efek samping dan tidak membahayakan jiwa.
    WANITA HAMIL bersih total.

    Obat Misoprostol Cytotec Obat Telat Bulan asli diproduksi oleh USA. Per tablet Rp 125.000,-
    Mengandung MISOPROSTOL 200mcg Asli Lebih berkhasiat dan efektif di bandingkan
    MISOPROSTOL Lokal seperti Gastrul, Citrosol dan OBAT TELAT BULAN MISOPROSTOL CYTOTEC yang generik.
    Aman cepat akurat untuk mengatasi TELAT DATANG BULAN.
    Diberikan dosis dan aturan pakai YanG tepat supaya TELAT BULAN berhasil 100%,
    aman dan tidak membahayakan jiwa.

    Harga Misoprostol Cytotec Obat Telat Bulan.
    paket 1.Misoprostol Cytotec Obat Telat Bulan 4 minggu. @500 rb.
    paket 2.Misoprostol Cytotec Obat Telat Bulan 8 minggu. @950 rb.
    paket 3.Misoprostol Cytotec Obat Telat Bulan 12 minggu. @1,450 000

    - ketik. telat bulan 4minggu/ 8mggu_nama dan alamat_tranfer via mandiri/BRI
    - Konfirmasi jika ANDA sudah tranfer pembayaran
    - Setelah transfer silahkan sms NAMA & ALAMAT TUJUAN LENGKAP.
    - Misoprostol Cytotec 200mcg kami kirim hari itu juga.
    - Kami akan Konfirmasi No Resi pada Anda
    - Misoprostol Cytotec 200mcg Dikirim kealamat tujuan

    misoprostolhotline.com
    Jual Cytotec : 08562 800 145

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)