Penggolongan Karbohidrat Sederhana Beserta Contoh Bahan Pangan

star

Jenis Jenis Karbohidrat Sederhana

Dalam pola makanan orang Asia khususnya Indonesia, terutama beras sebagai sumber karbohidrat merupakan sumber energi utama. Kira kira 80-90% dari keseluruhan kebutuhan energi berasal dari sumber karbohidrat. Nasi mengandung 7% protein bila dimakan dalam jumlah yang cukup banyak merupakan sumber protein pula di samping fungsi utamanya sebagai sumber karbohidrat. Masyarakat di Benua Eropa, Amerika misalnya memperoleh sumber karbohidrat dari roti, kentang, gula, buah buahan dan kira kira 50-60% diet mereka terdiri dari karbohidrat.

Penggolongan Karbohidrat

Monosakarida

ialah karbohidrat yang sederhana, dalam arti molekulnya hanya terdiri atas beberapa atom karbon saja dan tidak dapat diuraikan dengan cara hidrolisis dalam kondisi lunak menjadi karbohidrat lain. Monosakarida yang paling sederhana ialah gliseralhida dan dihidroksiaseton.


Jenis jenis Monosakarida :

1. Glukosa

Glukosa adalah suatu aldoheksosa dan sering disebut dekstrosa karena mempunyai sifat dapat memutar cahaya terpolarisasi ke arah kanan. Di alam, glukosa terdapat dalam buah buahan dan madu lebah.


Darah manusia normal mengandung glukosa dalam jumlah atau konsentrasi yang tetap, yaitu antara 70-100 mg tiap 100 ml darah. Glukosa darah ini dapat bertambah setelah kita makan makanan sumber karbohidrat, namun kira kira 2 jam setelah itu, jumlah glukosa darah akan kembali pada keadaan semula (jika tidak terjadi kerusakan pada sekresi Insulin). Pada orang yang menderita atau kencing manis, jumlah glukosa darah lebih besar dari 130 mg per 100 ml darah (disebut Hiperglikemi).

Dalam alam glukosa dihasilkan dari reaksi antara karbondioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan sinar matahari dan klorofil dalam daun. Proses ini disebut Fotosintesis dan glukosa yang terbentuk terus digunakan untuk pembentukan amilum atau selulosa.

Dalam dunia perdagangan dikenal sirup glukosa, yaitu suatu larutan glukosa yang sangat pekat, sehingga mempunyai kekentalan (viskositas) yang tinggi. Sirup glukosa ini diperoleh dari amilum melalui proses hidrolisis dengan asam.

2. Fruktosa

Madu lebah selain glukosa juga mengandung fruktosa. Fruktosa adalah suatu ketohektosa yang mempunyai sifat memutar cahaya terpolarisasi ke kiri dan karenanya disebut levulosa.


Fruktosa mempunyai rasa lebih manis daripada glukosa, juga lebih manis dari gula tebu (sukrosa).

3. Galaktosa

Monosakarida ini jarang terdapat bebas dalam alam. Umumnya berikatan dengan glukosa dalam bentuk laktosa, yaitu gula yang terdapat dalam susu. Galaktosa mempunyai rasa yang kurang manis daripada glukosa dan kurang larut dalam air. Galaktosa mempunyai sifat memutar bidang cahaya terpolarisasi ke kanan.

REFERENSI : Anna Poedjiadi. F M Titin Supriyanti. Dasar Dasar Biokimia Edisi Revisi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta. 2007.


Jenis jenis karbohidrat sederhana


star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)