Manfaat dan Fungsi Pisang untuk Kesehatan

star
Saat ini banyak sekali orang yang menyukai buah-buahan khususnya pisang. Buah ini sangat populer dan banyak yang mengonsumsinya dari yang belum di olah hingga sampai dengan piring dari beberapa restoran yang mahal.
Tahukah anda, di Indonesia, pisang menduduki tempat yang pertama diantara jenis buah-buahan lainnya, baik dari segi sebaran, luas pertanaman, maupun dari segi produksi.  Hasil riset Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa total produksi pisang Indonesia tahun 2013 adalah 5.359.126 ton dan Lampung menyumbang  678.492 ton atau 12,66 % dari produksi pisang nasional. Ini menunjukkan bahwa pisang merupakan rajanya buah di Indonesia.
Dari segi rasa, pisang memang enak untuk di makan. Selain itu terdapat kandungan gizi yang banyak pada buah pisang seperti karbohidrat, protein, lemak, kalium, kalsium, Vitamin B6 dan lainnya.

Karbohidrat
Kandungan karbohidrat pada buah pisang dapat mengembalikan energi pada tubuh yang kelelahan. Terdapat sekitar 23,4 gram karbohidrat per 100 gram bahan makanan yang dapat di ubah oleh tubuh menjadi kalori pada buah pisang. Oleh karena itu, pisang baik di konsumsi setelah aktifitas sehari-hari untuk mengembalikan stamina.

Serat
Pisang tinggi akan serat. Terdapat 2,4 gram serat per 100 gram bahan makanan yang dapat memperlancar pencernaan pada tubuh. Cocok sekali untuk dijadikan makanan selingan pada orang yang sedang diet.
Kalium
Kalium pada pisang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit stroke. Dengan kandungan 396 mg kalium per 100 gram bahan makanan pada pisang baik untuk peredaran darah dan baik dikonsumsi bagi atlet setelah berolahraga.
Asam Folat

Asam folat berfungsi sebagai pembelahan dan pertumbuhan sel sehingga dapat membantu tumbuh kembang anak. Asam folat pada pisang juga penting bagi ibu hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan dapat mencegah timbulnya kelainan tulang belakang dan kelainan tidak terbentuknya sel otak bagi sang bayi.



Manfaat dan Fungsi Pisang untuk Kesehatan


star

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan :)